SPAM dan cara menghindarinya

Istilah spam pada jaringan Internet adalah bentuk dari email yang tidak jelas asal usulnya yang dikirimkan ke alamat email dalam jumlah besar. Hingga kini spam masih menjadi masalah utama pada jaringan Internet. Pihak-pihak yang mengirimkan spam memiliki berbagai cara untuk mengumpulkan alamat-alamat email yang akan menjadi sasaran. Kebanyakan spam dikirimkan dari luar negeri mengingat tidak adanya aturan yang melarangnya. Memang sudah ada beberapa undang-undang untuk mengatasi ini. Hanya saja penerapannya sampai sekarang masih sulit.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari sebuah alamat email menjadi sasaran pada pengirim spam serta kroni-kroninya 

  1. Hindari menulis alamat email pada ruang chat atau bulletin board. Para penyedia layanan situs-situs seperti ini memiliki program untuk mendata alamat email. Jika harus menulis alamat email, gunakan alamat email alternatif. Segala bentuk spam nantinya akan terkirim ke alamat email alternatif. Alamat email utama pun akan tetap aman.
  2. Jangan membalas email-email yang tidak jelas, bahkan jika isinya perintah untuk menghapus email yang tidak jelas tersebut. Jika membalasnya berarti alamat email yang digunakan akan terdata dan tersebar luas di kalangan pelaku spam.
  3. Perlakukan spam seperti memperlakukan rayuan-rayuan yang tidak diinginkan. Jangan percaya janji-janji muluk yang diumbar, segera saja hapus.
  4. Jika ada situs, perusahaan, atau perorangan yang menanyakan alamat email, perlakukan seperti yang biasa dilakukan dengan nomor telepon. Jangan berikan tanpa menanyakan untuk keperluan apa.
  5. Pada account email aktifkan proteksi spam. Saat logon pada account email buka menu untuk mengaktifkan fitur anti-spam.

Catatan: Penting untuk disadari spam tidak bisa dihindari 100%. Para pelaku spam tetap memiliki program yang canggih untuk mengumpulkan alamat email. Jika alamat email terdeteksi oleh para pelaku spam yang bisa dilakukan hanyalah menerimanya. Itulah sebabnya kenapa penting sekali untuk mengaktifkan fitur anti-spam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: