SAMSUNG U700 NAN TIPIS

Persaingan telepon seluler di pasaran sekarang tidak lagi terkait secara langsung atas teknologi yang ada di dalamnya, tetapi condong untuk menghadirkan sebuah nuansa baru untuk melengkapi gaya hidup seseorang di era digitalisasi yang terus berkembang secara marak.

Dalam beberapa tahun terakhir kehadiran teknologi ponsel memang condong tidak banyak berkembang jika dikaitkan dengan bagaimana kita melakukan percakapan. Teknologi percakapan suara sudah ada sejak telepon diperkenalkan pada abad lalu.

Ponsel sekarang memang mencari bentuknya tersendiri, tidak lagi menjadi perangkat untuk bercakap, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup seseorang.

Bahkan, beberapa produsen ponsel pun mulai memperkenalkan produknya tidak lagi sebagai ponsel, tetapi sebagai sebuah komputer genggam karena berbagai fitur yang dimilikinya sudah memiliki kemampuan sebagai komputer yang bisa digenggam.

Ponsel Nokia N95, misalnya, adalah sebuah ponsel yang dikategorikan sebagai komputer “yang bisa diajak berbicara” dengan berbagai fitur yang setara dengan sebuah komputer.

Di sisi lain, industri ponsel sekarang bersaing untuk menjadi ponsel yang tertipis di dunia, dengan memperkenalkan sebuah faktor bentuk baru yang disebut ramping (slim), menghadirkan sekaligus upaya miniaturisasi ponsel serta menghadirkan sebuah gaya hidup yang berbeda bagi pemiliknya.

Menghadirkan kerampingan dalam sebuah ponsel memang membutuhkan sebuah keahlian baru untuk memungkinkan beragam jenis teknologi agar bisa masuk ke dalam perangkat yang lebih kecil dan lebih tipis.

Ukuran ketebalan ponsel sekitar 7 mm merupakan sebuah tren baru bagi produsen ponsel; memungkinkan fitur seperti Bluetooth dan 3G untuk mengakses data kecepatan tinggi bisa muat sebagai kesatuan ponsel dengan desain yang berbeda dengan sebelumnya.

Fitur tipis

Bagi Samsung, perusahaan raksasa penghasil ponsel kelas dunia asal Korea Selatan, ketebalan ponsel pada posisi 8,4 mm memang menjadi keahlian tersendiri. Ada beberapa ketebalan yang sekarang menjadi keahlian Samsung selain 8,4 mm, di antaranya termasuk seri dengan ketebalan 13,8 mm yang sukses di pasaran.

Seri terbaru Samsung adalah menghadirkan ketebalan 12,1 mm seperti pada ponsel terbaru Samsung SGH-U700, berikut fitur teknologi 3,5 G yang memiliki kemampuan akses koneksi kecepatan tinggi HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). Secara sekilas tanpa melihat fitur, ponsel U-700 terbaru buatan Samsung ini terkesan feminin.

Dengan semakin tipis kehadiran ponsel di dunia sekarang ini, tampaknya ada sebuah tren untuk bisa membedakan jenis kelamin ponsel, antara feminin dan maskulin. Rancang desain memang dengan sangat mudah menunjukkan bahwa sebuah ponsel ini ditujukan untuk target pengguna wanita atau pria.

Namun, kalau melihat fitur teknologi yang ada di dalam Samsung SGH-U700 ini, sulit untuk membedakan “jenis kelamin” apakah ponsel terbaru Samsung ini feminin atau maskulin. Kehadiran teknologi HSDPA menunjukkan betapa maskulin sebenarnya ponsel ini karena pada umumnya akses kecepatan tinggi dalam mobilitas lebih condong dikuasai oleh kaum pria dibanding kaum wanita.

Desain dan teknologi

Dirancang sebagai ponsel yang digeser untuk membuka tombol angka ponsel, U700 ini seluruhnya terbungkus sebagai sebuah cermin. Ketika Kompas mencoba ponsel ini, terasa bahwa teknologi yang dirancang oleh Han Kyungjin ini tidak hanya kuat dalam desain, tetapi juga dalam teknologi.

Samsung SGH-U700 memiliki fitur teknologi sentuh pada bagian atas untuk menekan tombol telepon atau mematikan panggilan, serta teknologi sentuh untuk berinteraksi dengan berbagai menu ponsel ini. Desain keseluruhannya menampilkan tampilan cermin, memungkinkan para wanita menggunakan ponsel ini untuk bersolek.

Persoalannya, U700 dengan layar resolusi yang sangat tajam, menggunakan QVGA 320 x 240 piksel yang sama dengan produk sejenis buatan LG seri KU970, menjadi tidak kelihatan di bawah sinar matahari terik. Untuk bisa membaca pesan SMS di tengah terik matahari, kita perlu menutupi sinar ke atas layar untuk bisa membaca pesan.

Sebagai teknologi, Samsung SGH-U700 memiliki semua kemajuan teknologi seluler seperti HSDPA. Karena itu, tidak mengherankan dalam salah satu menunya, ponsel ini mempunyai ikon Google untuk mengakses e-mail dan mencari informasi di jaringan internet. Sebagai ponsel, U700 merupakan terobosan pengguna yang mempertimbangkan desain sebagai bagian dari gaya hidup, sekaligus memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia sekarang ini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: