General Packet Radio Service (GPRS)

GPRS (General Packet Radio Service) adalah modul layanan pada jaringan GSM yang digunakan untuk mengakses Internet. Atau dengan kata jaringan GSM untuk akses Internet adalah jaringan GPRS. Jaringan ini memiliki format digital yang bekerja pada TDMA (Time Division Multiple Access). Selain itu jaringan GSM juga men-support pengamanan pada GPRS.

Sebenarnya format jaringan GSM tidak men-support format jaringan GPRS. Tapi beberapa infrastruktur jaringan yang ada pada GSM seperti MS (Mobile Station), BSS (Base Station Subsystem), HLR (Home Location Register), dan VLS (Visitor Location Register) dimodifikasi sedemikian rupa untuk kebutuhan jaringan GPRS.

Untuk bekerja dengan jaringan GSM, jaringan GPRS menggunakan pendukung sebagai berikut:

  1. Serving GPRS Support Node (SGSN): SGSN setara dengan MS. Layanan data antara MS dan PSDN (Public Switch Data Network) ditransmisikan melalui SGSN.
  2. Gateway GPRS Support Node (GGSN): Penyedia layanan data GSM (HLR atau VLR) di-support oleh GGSN, yang bisa terkoneksi dengan jaringan eksternal.
  3. Mobile Station (MS): Terdiri atas Mobile Terminal (MT) dan Terminal Equipment (TE). Perangkat komputer yang terhubung dengan MT disebut ME. Untuk koneksi nirkabel, MT bekerja bersama-sama dengan BSS.
  4. Base Station System (BSS): Modifikasi Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Controller (BSC) agar men-support kanal GPRS. BTS dimodifikasi untuk meneruskan layanan panggilan ke MSC (Mobile Switching Centre) dan data ke SGSN. Di-support pula oleh satu BSC.
  5. Home Location Register (HLR): HLR membawa informasi GPRS tentang pola MS bagi GGSN, updating SGSN, dan menyimpan alamat IP (Internet Protocol). Informasi ini nantinya akan diakses olrh SGSN dan GGSN.
  6. Visitor Location Register (VLR): VLR berisikan angka-angka SGSN yang memberi informasi banyaknya MS yang dilayani oleh SGSN.

Kelebihan utama GPRS adalah tidak membutuhkan koneksi Dial-Up. Serta layanan data mobile-nya lebih murah jika dibandingkan dengan layanan SMS pada jaringan GSM.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: