Scan Virus Secara Online

Telah ada layanan untuk membasmi virus secara online.Kebanyakan layanan seperti itu tersedia gratis, ada untung tapi ada ruginya juga lho.. Saking banyaknya virus dan ancaman lain, sepertinya tidak mungkin berkomputer bisa berlangsung mulus tanpa adanya antivirus. Bahkan akan menyelamatkan kehidupan berkomputer kita. Tapi, pakai banyak perangkat keamanan akan menyedot banyak sumber daya komputer. Lagi pula aplikasi antivirus juga kebanyakan tidak tersedia secara gratis.

Pakai antivirus pun bukan sekedar instal terus pakai, habis perkara.Antivirus harus diperbaharui dengan daftar virus (definisi) terbaru, aplikasi antivirus lama-kelamaan cuma jadi beban. Beban yang sangat berat dan tak berguna.tetapi ukuran update bisa besar sehingga orang yang punya koneksi internet dengan kecepatan pas-pasan, seperti koneksi internet milik hampir semua orang di Indonesia, bisa susah memperbarui antivirus.

Setidaknya ada beberapa rekan saya yang sudah putus asa dengan segala urusan virus dan antivirus ini.Menurut mereka, update yang lalu belum selesai diunduh, sudah muncul lagi update terbaru. Ada sih beberapa cara mengindar dari virus.
Yang pertama gunakan sistem operasi yang jarang dijadikan sasaran pembuat malware. Tapi, kalau kita tidak bisa berpisah dengan sistem operasi yang jadi bulan-bulanan cracker, ada sebuah cara yang cukup ekstrim yaitu : Jangan pernah hubungkan komputer anda dengan komputer lain sama sekali dan jangan pernah masukan data apapun dari luar,baik lewat CD,DVD, atau USB flashdisk. dan juga jangan pernah coba-coba komputer kita berhubungan dengan internet.Nah lo….??

Disini saya akan membagi info pilihan yang boeh dicoba, yaitu antivirus online. UNTUNG RUGINYA Antivirus online berlokasi didunia maya.kita bisa berkunjung kesitus web antivirus online, melakukan pemindahan untuk seluruh hard disk atau filer yang tertentu saja.inilah contoh keuntungan antivirus online, ada juga beberapa keuntungan lainnya :

  • Antivirus online biasanya tersedia gratis sehingga tidak ada uang yang diperlukan untuk urusan ini.
  • Kita bisa menghemat sumber daya karena cuma browser saja yang bekerja, antivirus nya ada di server pemilik situs web.

Ada juga kekurangan antivirus online :

  • Computer harus terus terhubung dengan internet selama proses pemindaian berlangsung.
  • Tak ada pengecekan real-time.jadi tidak ada peringatan adanya virus kalau kita mencolokan USB flashdisk yang mengandung virus

Ada beberapa virus yang bisa mendeteksi alamat-alamat antivirus online. Virus seperti itu akan memblok akses situs web tersebut.

Beberapa antivirus online hanya bisa bekerja dibeberapa browser tertentu.

Saya menrankan agar computer kita tetap diinstali antivirus. Pemindaian online ini dipakai ketika antivirus kita tidak bisa menangani serangan virus. Kita juga bisa menggunakan sebagai keamanan lapisan kedua. Ketika antivirus kita tidak menemukan ancaman apa-apa tapi kita tidak yakin, gunakan layanan antivirus online.

SITUS-SITUS PENYEDIA LAYANAN ANTIVIRUS ONLINE :

    • mk
    • Oktober 19th, 2008

    Saya tambahkan satu lagi kekurangan antivirus online: isi dari harddisk kita akan dimata-matai oleh antivirus online tersebut.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: