Chatting Dengan miRC

Bagi warga dunia maya, tentunya sudah tidak asing lagi dengan IRC (Internet Relay Chat). Berikut akan dibagi beberapa trick dan tips agar suasana chatting dengan IRC lebih menarik. Mungkin bagi Anda yang sudah “berpengalaman” dalam bidang ke”IRC”-an, trick ini sudah basi. Namun bagi pemula, ini adalah trick-trick yang cukup menarik untuk dipraktekkan. Trick ini tidak terbatas pada mIRC saja, karena beberapa IRC client yang lain sudah menerapkan command-command yang sama.

Membuat teks chat berwarna

Trik ini sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan menekan tombol Ctrl + K pada keyboard sebelum teks yang diwarnai, diikuti dengan nomor kode warna yang diinginkan. Berikut contohnya.

Setelah menekan tombol Ctrl + K akan muncul pilihan warna. Ketikkan kode warna yang kita pilih sebelum teks yang akan diwarnai. Misalnya jika kita memilih warna biru, ketik saja kode 12 setelah Ctrl + K diikuti dengan teks yang diwarnai.

Setelah dienter, maka teks yang dikirimkan ke channel maupun query (private message) juga akan berwarna seperti yang kita kehendaki. Permainan warna tersebut tidak hanya sampai di sini. Kita dapat memainkan dua warna sekaligus dalam satu teks. Jadi warna pertama berperan sebagai foreground color, yang kedua sebagai background color. Misalnya jika mau bikin tulisan merah diatas hitam. Maka kode warnanya adalah 4,1. Dimana 4 yang artinya merah adalah foreground color (warna teks) dan 1 artinya hitam adalah background color. Pemisah antara kode warna foreground dan background adalah tanda koma ‘,’.

Membuat teks tebal, miring, bergaris bawah, dan reverse.

Untuk membuat variasi teks lain yaitu teks tebal, miring, bergaris bawah, dan reverse, dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama. Command yang dipakai sebagai berikut:

Ctrl + B untuk membuat teks Tebal.

Ctrl + U untuk membuat teks bergaris bawah.

Ctrl + R untuk membuat teks reverse.

Ctrl + I untuk membuat teks miring.

Ctrl + O untuk kembali ke default.

Suatu ketika, mungkin kita ingin memvariasi satu kalimat menjadi beraneka variasi. Mungkin kita ingin membuat hanya satu kata saja yang tebal atau berwarna. Di situlah gunanya Ctrl + O, sebagai penanda akhir, penutup tag, atau untuk mengembalikan mode penulisan seperti semula.

Karena terbatasnya waktu, mungkin sampai di sini saja dulu pertemuan kita. Untuk bagian selanjutnya, insya Allah akan diulas tentang trik yang lebih menarik. Demikian, mohon maaf jika ada kesalahan.

kali ini masih tutorial ringan, sederhana dan khusus bagi user mirc.

Mungkin tutorial ini diperlukan ketika kita main di suatu warnet yang keamanannya masih kita ragukan, atau kita ga ingin password identify kita ter cookies, atau saat menjadi tutor pelatihan Internet bagian IRC dan sedang mengajarkan / mempraktekkan caranya melakukan identify.

Caranya sederhana, ganti nick Anda menjadi nick register trus pada saat mau identify ketikkan perintah berikut: //identify $?* kemudian akan muncul prompt untuk mengisikan password anda.

Dengan cara ini maka password tersebut tidak akan masuk log mirc dan tak akan ada yang bisa membacanya seandainya saja komputer yang sedang kita pakai di remote memakai program remote client seperti vnc atau radmin

Semoga bermanfaat

Akill saat Chatting,Penyebab dan Beberapa Solusinya

Anda Hobby chatting di IRc dengan Server DALNET? Jari jemari anda setiap hari berkali kali mengetikkan asl pls? ker/kul? bla bla bla? hehehhe Pasti Nggonduk Buanget ya saat lagi asek-aseknya chatting tiba2 Musti DC (disconnect) gara-gara kena Akill, atau sudah Ambil Paket 5 jam di warnet agar bisa chatting dengan puas dan murah..eh tak taunya Akill dah…So kenapa ya itu, trus kira2 Solusinya gimana?

Dulu Di Salah satu warnet yang Adminnya aku pegang (karena dulu aku pegang beberapa admin warnet) setiap terjadi Akill pada irc aku tekankan untuk langsung menghubungi aku (kebetulan ISP warnet tersebut memakai jasa ISP dimana aku bekerja), Nha trus ada seorang temen OP warnet lain yang sedang maen di warnet yang aku admini tersebut tanya kepada yang jaga gimana kalo terjadi akill, sang Operator bilang Tanya Kang CoSe Ajah..biasanya disini begitu…hehehe

Sebenrnya apaan sih tuh akill di dalnet?Akill berasal dari Autokill artinya ketika kita berusaha join ke server dalnet tidak diijinkan karena beberapa alasan,antara lain adalah karena adanya exploit,virus, trojan, open proxy dll

Untuk lebih Jelasnya simak kode-kode berikut:

[Exp/Aplore], biasanya terjadi karena pada system yang kita jalankan terinfeksi oleh worm, durasi Akill berada pada kisaran sekitar 48 Jam. Solusinya adalah Silahkan Update antivirusnya

[Exp/trojan], karena ada trojan pada network kita, Akill bersifat permanen sampai pada network kita itu bersih dari trojan, solusinya bisa dengan mengupdate dan men scan seluruh system, atau kalo perlu reinstall PC yang ada,,capeeeee dehh hehehhe

[Exp/Fldhst], biasanya karena IP publik tersebut Sengaja di banned oleh dalnet karena melakukan flooding terhadap dalnet atau networknya, itu lho yang biasa `tsunami #channel atau tsunami nick, atau bisa juga flooding kata2 pada channel yang tidak ada pengamannya.Biasanya Waktu Banned sekitar 3 hari sampai dengan 1 minggu, makane jangan jahillll

[Exp/Os], Ini juga mirip kasus nomer 3, biasanya karena disinyalir sistem network kita telah melaukan flooding berupa dos atau ddos ke network dalnet, mungkin saat kita download file2 yang not secure dari web, atau ada user download file-file porno maka tidak sengaja terinstal trojan yang melakukan ddos terhadap network dalnet, rentan waktu banned sekitar 12 jam atau permanen selama jaringan kita belum secure

[Exp/Comp] dan [Exp/Script], ini mungkin terjadi jika user memakai program IRC Script macam scoopt atau mr ^p^ dimana biasanya dia melakukan advertising saat user keluar dari IRC, durasi antara 3 hari sampai 1 minggu, Solusine ya jangan pake program2 script ke gituan

[Exp/Clone], itu karena adanya clone, yaitu pemakai dengan IP address yang sama, DALNET hanya mengijinkan 2 clone untuk 1 host IP, Solusinya adalah daftarkan IP tersebut ke http://cybercafe.dal.net agar bisa digunakan oleh banyak user ( kalo ga salah 15 an atau mungkin lebih)

[Exp/Roe], ini karena permasalahan user id root di windows system (ident section), atau user linux yang memakai root user saat chatting, biasanya banned bersifat permanen

[Exp], biasanya bersifat permanen, Solusinya hubungi ISP nya dan minta pergantian IP address

[Exp/ma], karena disinyalir network kita terinfeksi trojan yang melakukan advertising ke satu atau beberpa website dalnet, durasi banned 30 menit sampa 1 minggu, Solusi Scan dong!!!

[Exp/ident], itu karena pada client dimana program irc dijalankan tidak memiliki ident server, atau pada server tidak ada masquerade ident server. Tapi untuk pemakai mirc biasanya ident server telah disertakan ke dalam programnya, jadi kebanyakan Akill ini terjadi pada pemakai Selain mirc atau linux dan OS lainnya.Solusi instal ident server, pernah saya tulis kok bagaimana caranya di blog ini.

[Exp/proxy], disebabkan adanya open proxy pada router, biasanya sich port sock 1080 yang terbuka atau tidak ada accest list untuk tujuan port tersebut, Waktu akill ya sampai mesin secure, Solusinya close proxy atau kasih acces list, misal untuk range IP tertentu bla bla bla

Tuh……jadi gitu…So, agar kesenangan dan kepuasan batin saat kita chatting bisa tersalurkan ya jaga cara kita ber chat ria, sesuai yang sudah aku jelaskan diatas, tapi ke semua jenis Akill tersebut bisa tersolving dengan cara penggantian IP Address yang tidak masuk daftar blacklist dalnet. Kritik dan saran sangat kami harapkan. Just leave it in the comment form.

Sumber :fadliyanur.multiply.com

About these ads
  1. kayake tetep masih enak pakai yahoo messenger dah…

    • Riff
    • Desember 12th, 2008

    Iya sama,enakan pake YM,kan bs sling tukar foto,webcam jg bs

  2. sejak tahun 1998, IRC / miRC emang lebih top…
    tapi sejak ketemu YM ..ternyata lebih praktis….
    so..enakan YM-an aja deh… :-)

  3. numpang promosi ya…
    http://tanggorajo.wordpress.com

  4. ribet banget pake mirc mah.
    paling enak pake ym atau yang lebih keyen pake camfrog.
    bisa liat do’i tanpa perlu izin.Mauuuu

  5. oh very good
    chatt yuk di chan #allnitecafe allnetwork Ce’y CAkep-cAkEP loch suer..
    http://allnitecafe.wordpress.com

  6. aku akill bagian exp/ma tp aku dah scan g ada virus…….gmn donk……..

  7. Ok…

  8. alamat apa saja yang byk kwn chat apa irc dalnet apa irc ,ent
    apa allnetwork yang mana to kalau untuk plasa dan telkomnet gmn tu??
    yasirmaster.blogspot.com

  9. ha ha ha waktu tuch gak th q main chatting :)

  10. tp q lg bete nich karen akaki q skt
    he he he he he :(

  11. q sangat senang karena q dah gitu dech D:

  12. :) :( :) :(

    • chellias
    • Juli 24th, 2011

    ribet pkek mirc kyakny enakan pke yahoo dah..klo lw??

  13. gimana caranya biar gak sering dibanned? soalnya saya sering chat di mirc dalnel sering dibanned, padahal nick saya biasa aja. user lain yang nick nya bombastis aman-aman saja?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: