Spanyol VS Portugal…???

Fernando Torres belum menyatu dengan kehidupan Piala Dunia 2010. Meski demikian, laga melawan Portugal di babak kedua diprediksi akan menjadi panggung ideal bagi Torres untuk menemukan performa terbaiknya.

Setelah menjalani recovery pasca operasi lutut beberapa pekan sebelum turnamen, Torres berada di bawah bayang-bayang David Villa — partnernya saat menjuarai Euro 2008. Villa tampil jauh lebih baik, dengan kemampuannya merusak pertahanan lawan.

Villa telah mencetak tiga gol, dua diantaranya gol terbaik di Afsel. Torres membuang banyak peluang, dan kelihatan bukan lagi pemain yang mencetak brilian gol di final Euro 2008.

Vicente Del Bosque tampaknya masih akan memberi kepercayaan kepada Torres, untuk mendampingi Villa. Del Bosque tidak akan lagi bermain dengan satu striker, seperti ketika dikalahkan Swiss di laga pembuka penyisihan grup.

Alasan lain, Spanyol ingin menjadi tim pertama yang membobol gawang Portugal di Piala Dunia 2010. Portugal adalah satu dari dua tim yang tidak kebobolan sepanjang penyisihan.

Del Bosque mengatakan peran Torres amat penting di lini depan. Ia bisa menciptakan chaos di lini belakang lawan, meski mungkin tidak mencetak gol. Torres lebih dari sekadar gol, tapi mampu mengubah hasil akhir laga dengan umpan-umpannya.

Spanyol dan Portugal tidak pernah bertemu di putaran final Piala Dunia. Kini negara bertetangga itu harus saling mengalahkan, agar bisa menatap tempat semifinal. Pemenang laga ini akan menghadapi Jepang atau Paraguay.

Del Bosque dan Carlos Queiroz, pelatih Portugal, punya masalah cedera pemain. Spanyol kemungkinan tidak akan menurunkan Xabi Alonso, yang cedera engkel saat melawan Cili. Di kubu Portugal, winger Danny masih harus berjuang untuk sembuh dari cedera paha.

Deco sembuh dari cedera pinggung. Spanyol kehilangan defender Raul Albiol sampail Piala Dunia 2010 usai.

Portugal memiliki tujuh pemain terkena kartu kuning; Cristiano Ronaldo, Pedro Mendes, Hugo Almeida, Pepe, Tiago, Fabio Coentrao, dan Duda. Spanyol tidak punya masalah dengan kartu kuning.

Javi Martinez kemungkinan akan menggantikan Alonso di starting line up. Ia diyakini akan bisa memanfaatkan ruang yang dibuat Torres di pertahanan lawan, untuk menembak dari jarak jauh.

Laga ini akan menjadi pertemuan menarik bagi kedua pelatih. Queiroz dalah pelatih yang dibawa Florentino Perez untuk menggantikan Del Bosque di Real Madrid. Queiroz gagal, dan meninggalkan Spanyol tahun 2004.

Del Bosque membawa Real Madrid memenangkan dua gelar Liga Champions dan Primera Liga Spanyol dalam tiga setengah tahun. Queiroz belum punya reputasi di level klub.

Tujuh

Spanyol
03-06-2010 Spanyol 1 – 0 Korsel
09-06-2010 Spanyol 6 – 0 Polandia
16-06-2010 Spanyol 0 – 1 Swiss
22-06-2010 Spanyol 2 – 0 Honduras
26-06-2010 Cili 1 – 2 Spanyol

Portugal
02-06-2010 Portugal 3 – 1 Kamerun
08-06-2010 Portugal 3 – 0 Mozambik
15-06-2010 Pantai Gading 0 – 0 Portugal
21-06-2010 Portugal 7 – 0 Korut
25-06-2010 Portugal 0 – 0 Brasil

Situasi Spanyol

Bagi Rabul Albiol, Piala Dunia 2010 telah usai. Ia terkena cedera engkel kaki kiri saat latihan, dan ditandu keluar lapangan. Xabi Alonso juga cedera engkel saat Spanyol mengalahkan Cili 2-1.

Javi Martinez mendapat kesempatan memperlihatkan kemampuannya bermain di posisi yang ditinggalkan Alonso. Fernando Torres akan menjadi starter, meski tampil buruk, dengan David Villa bermain melebar.

Prakiraan Susunan Pemain (4-2-3-1): Casillas, Ramos, Pique, Puyol, Capdevilla; Busquets, Martinez; Iniesta, Xavi, Villa; Torres.

Situasi Portugal

Deco sembuh dari cedera pinggul, dan tampaknya tidak akan masuk dalam line up. Carlos Queiroz lebih percaya Tiago, yang sejauh ini tampil gemilang. Winger Danny diragukan bisa bermain setelah mengeluh sakit di betis kirinya. Ruben Amorin juga masih belum memperlihatkan tanda-tanda bisa bermain.

Paulo Ferreira akan menjadi starter di right-back. Pepe tak beranjak dari posisinya di jantung pertahanan. Simao Sabrosa bermain di salah satu wing, Cristiano Ronaldo di sayap lainnya.

Prakiraan Susunan Pemain (4-3-3): Eduardo, Ferreira, Alves, Carvalho, Coentrao; Tiago, Pepe, Raul Meireles; Simao, Liedson, Ronaldo.

Tujuh

Pemain Layak Diamati

David Villa: Tidak ada yang menyangkal jika Villa disebut salah satu striker terbaik di dunia. Ia pemain paling konsisten di Piala Dunia, mencetak tiga gol, dan merancang yang lainnya. Ia tak tergantikan di lini depan skuad Del Bosque. Kini ia diuji mengatasi pertahanan brilian Portugal. Villa boleh dibilang berhasil jika mampu mencetak gol ke gawang Portugal.

Cristiano Ronaldo: Portugal tidak punya striker hebat, atau pencetak gol berbakat, sehingga Carlos Queiroz amat tergantung pada Cristiano Ronaldo. Castrol Ranking memberinya tempat kedua sebagai figur pencetak peluang dan mempengaruhi hasil akhir pertandingan untuk kemenangan timnya.

Prediksi

Di atas kertas, Spanyol seharusnya favorit. Mereka memiliki kualitas pemain jauh lebih baik, dan lebih koheren sebagai tim. Spanyol lebih baik di semua area dibanding Portugal.

Portugal piawai bertahan, dan memiliki lini tengah yang mampu bertempur. Tidak akan ada pemain Spanyol yang lari tanpa pengawalan pemain Portugal. Mengandalkan Simao dan Ronaldo di kedua sayap, Portugal akan sangat mematikan jika melakukan serangan balik.

Castrol World Cup Match Predictor memperkirakan kemungkinan Spanyol memenangkan laga 63 persen, Portugal 37 persen. Laga ini akan sangat menarik, tapi tidak akan kejutan, kecuali adu penalti.

Spanyol 1-1 Portugal (extra time). Portugal menang 5-3 lewat adu penalti.

dikutip dari sini

  1. Halo salam kenal ..
    bagus infonya di blognya ..
    btw suka nulis artikel tentang Bandung ?
    klo masih, share artikelnya di Citizen Journalism web kita yah ..
    Thx

  2. Salam kenal Bang, webnya sangat bermanfaat. kalo perlu informasi lowongan kerja seputar wilayah jambi, klik aja http://www.jobsjambi.com/ terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: