Cara Melacak Pengguna Internet Dengan Alamat IP

Setiap kita menggunakan internet, kita pasti telah tau berapa banyak manfaat dan kegunaan dari internet, tapi efek negatif dari internet juga pasti ada. contohnya hacking, teror, dll… Internet dunia maya yang tidak  mungkin kita bisa tahu alamat dan siapa pengguna IP tersebut. contohnya jika kita pernah merasa ditipu oleh seseorang melalui email,hal yang harus kita lakukan adalah yang pertama kali… mencatat IP, jam, dan tanggal e-mail tersebut dikirim, kenapa kita mesti mencatatnya? ya ini adalah salah satu cara investigasi yang akan kita lakukan… jangan menggunakan cara ini untuk kejahatan ya? 🙂

1. Setelah kita tahu IP  pengirim, dan sudah mengetahui jam dan tanggalnya. Mari kita lihat IP-nya dahulu, berasal dari mana ia? kita pergi ke website INI lalu kita ketikan key (gambar yang ada diatas), lalu pada whois kita ketikan IP yang sudah kita dapatkan tadi. Lalu silahkan klik whois… (disini saya mencoba menggunakan IP saya) maka akan menghasilkan seperti ini:

Results:
% [whois.apnic.net node-1]
% Whois data copyright terms http://www.apnic.net/db/dbcopyright.html

inetnum: 202.3.213.0 – 202.3.213.255
netname: TELKOMSEL-GPRS-BTM-NET-1
descr: PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Indonesia
country: ID
admin-c: AP156-AP
tech-c: AP192-AP
status: ALLOCATED NON-PORTABLE
mnt-by: MAINT-ID-TELKOMSEL
changed: hostmaster@idnic.net 20080428
source: APNIC

person: Arief Purwanto
nic-hdl: AP156-AP
e-mail: arief_purwanto@telkomsel.co.id
address: PT. Telkomsel, Wisma Mulia
address: Jl. Gatot Subroto 42
phone: +62-21-5240811
fax-no: +62-21-5272977
country: ID
changed: adi@apjii.or.id 20041227
mnt-by: MAINT-ID-TELKOMSEL
source: APNIC

person: Adhe Pahlevi
nic-hdl: AP192-AP
e-mail: Adhe_Pahlevi@telkomsel.co.id
address: PT. Telkomsel, Wisma Mulia
address: Jl. Gatot Subroto 42
phone: +62-21-5240811
fax-no: +62-21-5272977
country: ID
changed: adi@arsen.co.id 20051019
mnt-by: MAINT-NEW
source: APNIC

Nah kita sudah mendapatkan no tlp ISP, alamat ISPnya… sekarang silahkan anda menghubungi mereka, dan tanyakan siapa pengguna dengan alamat IP tersebut pada jam dan tanggal yang tadi. Mungkin ISP tidak akan memberikan dengan jelas, paksa saja, bilang ini menyangkut hidup dan mati seseorang… semoga berhasil…

  1. Bagus nih tulisannya, bisa saya praktekan. Thanks infonya bang!

  2. tes lah pakde…. 🙂
    tapi saya rasa tidak semuanya bisa sama dengan alamat kita 😉

  3. Salam kenal mas…..
    Tujuan kita melacak IP org untuk apa mas????

    oh ya mas…. kita tukaran link nya yuk….

  4. ini bertujuan untuk mengetahui kalau ada yang coba berbuat tidak menyenangkan melalui dunia internet ( cyber crime).dengan ini minimal kita bisa sedikit tau keberadaan para (cyber crime) tersebut.
    setuju banget, ntar link anda saya masukan diblog anda 🙂

  5. kalau link saya dimasukkan di blog saya ama aja boong mas… namanya bukan tukaran link… tapi ……….???????

  6. sorry salah ketik, 🙂 maksud saya link anda saya masukan diblog saya, dan sudah saya pasang tuh di widget sebelah kanan 😛

  7. ntar kalo ada yang usil sama saya tolong lacak ya hehehehehe

    • Bujang
    • Desember 7th, 2008

    😀 😀
    sekalian lacak juga punya saya ya, thanks infonya…

  8. susah kalo IP dynamic kayak speedy, pasti meleset..

    • eedp_syntx6
    • Januari 8th, 2009

    Cara mengetahui IP-nya darimana mas..?

    • a purwanto
    • Februari 20th, 2009

    saya minta tolong encrypted nama & email saya, berikut nama & email rekan saya (adhe pahlevi) di blog ini. terima kasih banyak sebelumnya.

  9. kalo mau lihat dan melacak dengan benar hanya disini nih
    http://kenyok.co.cc

    • Andri
    • Juli 31st, 2009

    Mas, kok yang saya nggak ada keterangan nomor telephonnya ya? 🙂

    • basinglah
    • Agustus 2nd, 2009

    bodoh banget nih yg bikin artikel, nanya aja main paksa, payah 🙂

    • lien a.k.a fayzal
    • September 5th, 2009

    makasih bangat.. benar benar membantu..

  10. thx for your inpo

    • Tigor Simangunsong
    • Oktober 23rd, 2009

    Bang aku mau naya, apakah IP kita selalu berubah-ubah?
    dari hasil pengalaman saya perasaan IP saya berubah trus nih. (mangun)

    • Saeful Habibi
    • Juni 28th, 2010

    gmana cra mngetahui alamat IP di hand phone RH 19 (c) NOKIA untuk situs google?

    • angel
    • Agustus 20th, 2011

    mas, IP tuh apa ya? cara nyarinya gimana? kalo saya bisa menghubungi lewat facebook dan telp saja bagaimana? thanks before. aku bener2 butuh caranya nih, aku baru aja kena cyber crime 😦

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar